Kelompok Ki Lurah Togog
Kelompok ini terdiri tiga personil yakni: Ki Lurah Togog (Sarawita) dan Mbilung. Punakawan ini bertugas menemani bendhara-nya yang berkarakter dur angkara
yakni para Ratu Sabrang. Sebut saja misalnya Prabu Baladewa di negeri
Mandura, Prabu Basukarna di negeri Ngawangga, Prabu Dasamuka (Rahwana)
di negeri Ngalengka, Prabu Niwatakawaca di negeri Iman-Imantaka dan
beberapa kesatria dari negara Sabrangan yang berujud (berkarakter)
raksasa; pemarah, bodoh, namun setia dalam prinsip. Lurah Togog disebut
pula Lurah Tejamantri. Ki Togog dkk secara garis besar bertugas mencegah
asuhannya yang dur angkara, untuk selalu eling dan waspadha, meninggalkan segala sifat buruk, dan semua nafsu negatif. Beberapa tugas mereka antara lain:
1. Mereka bersuara lantang untuk selalu memberikan koreksi, kritikan dan saran secara kontinyu kepada bendhara-nya.
2. Memberikan pepeling kepada bendhara-nya agar selalu eling dan waspadha jangan menuruti kehendak nafsu jasadnya (rahsaning karep).
Gambaran tersebut sesungguhnya memproyeksikan pula karakter dalam diri manusia (jagad alit).
Sebagaimana digambarkan bahwa kedua kesatria di atas memiliki karakter
yang berbeda dan saling kontradiktori. Maknanya, dalam jagad kecil (jati diri manusia) terdapat dua sifat yang melekat, yakni di satu sisi sifat-sifat kebaikan yang memancar dari dalam cahyo sejati
(nurulah) merasuk ke dalam sukma sejati (ruhulah). Dan di sisi lain
terdapat sifat-sifat buruk yang berada di dalam jasad atau ragawi.
Kesatria yang berkarakter baik diwakili oleh kelompok P
beserta para leluhurnya. Sedangkan kesatria yang berkarakter buruk
diwakili oleh kelompok Kurawa 100. walaupun keduanya masing-masing sudah
memiliki penasehat punakawan, namun tetap saja terjadi
peperangan di antara dua kelompok kesatria tersebut. Hal itu
menggambarkan betapa berat pergolakan yang terjadi dalam jagad alit
manusia, antara nafsu negatif dengan nafsu positif. Sehingga dalam
cerita pewayangan digambarkan dengan perang Brontoyudho antara kesatria momongan Ki Lurah Semar dengan kesatria momongan Ki Togog. Antara Pendawa melawan Kurawa 100. Antara nafsu positif melawan nafsu negatif. Medan perang dilakukan di tengah Padhang Kurusetra, yang tidak lain menggambarkan hati manusia.
sumber : sabdalangit.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar